Kemasan / Bungkus Roti Yalumba


Salah satu unsur yang harus diperhatikan dalam membuat produk untuk distribusikan atau dijual adalah kemasan / bungkus. Sejak dulu kala kemasan sudah menjadi unsur yang tidak bisa di tinggalkan begitu saja untuk membuat sebuah barang produk bisa memberi nilai tambah baik dari segi estetika, warna, bentuk, corak, besar , kecil dan sebagainya.

Untuk mengemas suatu produk harus diperhatikan unsur-unsur dalam mengemas. Dalam Wikipedia dijelaskan bahwa Pengemasan merupakan sistem yang terkoordinasi untuk menyiapkan barang menjadi siap untuk ditransportasikan, didistribusikan, disimpan, dijual, dan dipakai. Adanya wadah atau pembungkus dapat membantu mencegah atau mengurangi kerusakan, melindungi produk yang ada di dalamnya, melindungi dari bahaya pencemaran serta gangguan fisik (gesekan, benturan, getaran).

Di samping itu pengemasan berfungsi untuk menempatkan suatu hasil pengolahan atau produk industri agar mempunyai bentuk-bentuk yang memudahkan dalam penyimpanan, pengangkutan dan distribusi. Dari segi promosi wadah atau pembungkus berfungsi sebagai perangsang atau daya tarik pembeli. Karena itu bentuk, warna dan dekorasi dari kemasan perlu diperhatikan dalam perencanaannya.

Adapapun unsur-unsur dalam mengemas khususnya pemasaran diantaranya :
1. Daya Tarik Visual ( Estetika)
Sebuah kemasan yang menarik adalah menambah daya tarik terhadap produk yang dikemas. Sehingga memberikan efek kepada konsumen khususnya untuk tertraik selanjutnya memiliki produk tersebut. Sehingga konsumen secara tidak langsung akan loyal terhadap produknya
2. Daya Praktis ( Fungsional)
Merupakan daya tarik efektifitas & effisiensi suatu kemasan yang ditujukan kepada distributor (rantai pemasaran) maupun konsum-Misalnya kemasan yang mudah ditutup ataupun dibuka kembali, mudah dibawa, mudah dimasukkan ke dalam kantong atau tas, Praktis dan tidak ribet saat dibawa ataupun dipegang, bisa digunakan kembali (daur ulang) dan sebagainya

Jadi menurut anda bagaimana untuk kemasan dari Roti Yalumba , apa sudah memenuhi unsur-unsur diatas ??? Selain memenuhi kriteria di atas, Roti Yalumba menggunakan Food Grade Paper dimana kertas bungkus Roti Yalumba mempunyai keunggulan :
- Aman untuk makanan
- Bisa masuk microwave (max 60 dtk)
- Aman untuk lingkungan
- Tahan minyak (tidak tembus).
Gambar tema oleh richcano. Diberdayakan oleh Blogger.